Tradisi Unik Merayakan Kelulusan Hanya Ada di Indonesia

Tradisi Unik Merayakan Kelulusan Hanya Ada di Indonesia

Di Indonesia ada tradisi yang khas dan tak terlupakan ketika berbagi momen kelulusan. Baik itu saat kelulusan sekolah maupun kuliah. Ada beberapa ritual khusus yang dilakukan para anak-anak.
Tidak hanya bagi mereka yang lulus yang mengikuti acara ini, yang tidak ikut merayakan kelulusan turut merayakan acara tersebut dengan memanfaatkan berbagai macam yang dibutuhkan sebagai mata pencaharian.

1. Corat-Coret Seragam
Khusus untuk anak SMA nih, seringnya kita melihat mereka merayakan momen kelulusan dengan semprat-semprot seragamnya menggunakan cat pilox atau tanda tangan menggunakan spidol di seragam satu sama lain. Meski sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, di balik wajah hore-hore mereka, masih banyak kontroversi mengenai kebiasaan coret-coret seragam.

2. Konvoi Sampai Macet
Biasanya setelah acara corat-coret mereka akan bergerombol untuk bersama-sama konvoi. Ini nih yang sering diwaspadai pengguna jalan lainnya, apalagi di jaman informasi serba canggih begini. Pengguna jalan yang menghindari macet akan mencari informasi via Twitter atau jejaring sosial mengenai lokasi konvoinya anak-anak SMA.

3. Antrian Dandan Untuk Wisuda
Untuk yang pernah merasakan wisuda, pasti pernah mengalami antrian semenjak sebelum subuh. Kalah deh Krisdayanti mau manggung yang harus siap-siap dandan jam 2 pagi. Karena kebanyakan ceremonial wisuda dilakukan di pagi hari, biasanya para wisudawati harus antri di salon masing-masing pada pagi buta. Terasa deh ngantuk-ngantuknya, tapi demi satu hari wisuda itu, mereka rela melakukannya.

4. Lempar Toga
Ada salah satu tradisi saat kelulusan yang sering kita lihat di iklan televisi atau di dunia nyata, yakni tradisi melempar toga. Tak ada filosofi khusus mengapa wisudawan dan wisudawati melempar toga, namun hingga jaman modern ini, masih banyak orang yang melakukannya.

5. Neybur Ke Air
Nyebur ke laut atau ke kolam juga jadi salah satu fenomena unik yang banyak terjadi saat kelulusan. Ekspresi kegembiraan yang satu ini bahkan kadang menjadi salah satu syarat kelulusan di beberapa kampus. Jadi, kalau Anda ingin lulus, nyebur dulu ke kolam yang ada di kampus. Tradisi nyebur ini mungkin untuk buang sial, atau simbol bahwa kita akan mulai menyelami dunia dan menjadi manusia dewasa. Bisa juga sebagai ungkapan rasa ‘merdeka’ setelah perjuangan ujian, tugas akhir atau pendidikan yang selama ini sudah dijalani.

6. Abadikan Moment Dengan Foto
Mencari view spot foto yang bagus dengan teman-teman seperjuangan itulah hal terpenting semua orang ketika merayakan kelulusannya. Inilah acara yang paling sering terjadi dan di unggah oleh beberapa masyarakat yang tengah merdeka dengan kelulusannya. Memanfaatkan moment tersebut merupakan hal penting.

7. Farewell Party
Perpisahan antara sedih dan senang. Senang bisa merdeka dengan hasil yang membuat bangga tapi sedih juga akan perpisahan bersama teman-teman seperjuangan sewaktu bersama-sama. Biasanya acara ini bisa dilakukan dengan moment makan bersama satu angkatan atau dilakukan dengan party bersama di sebuah café dengan tema-tema tertentu, semua tergantung keunikan dari para gerombolan yang merayakannya.

Setiap orang punya momen kelulusan yang tak terlupakan. Simpanlah kenangan kelulusan Anda yang paling manis, nanti saat Anda bosan atau sedih, bukalah kembali kenangan itu untuk menyemangati Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *