Paus Pembunuh Orca Dilatih Untuk Berkomunikasi Dengan Manusia

Paus Orca dikenal sebagai spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba, Mamalia yang disebut sebagai paus pembunuh ini ternyata hewan yang ramah. Padahal orca yang padaumumnya terlihat menyerang hiu dan kapal di laut lepas. namun sejauh ini belum pernah ada catatan tentan Orca yang menyerang manusia.

Hal tersebut membuta Orca menjadi hewan mamalia yang mudah untuk didekati dan dilatih. sepertu yang dilakukan oleh sekelompok peneliti. Mereka melatih Orca agar bisa menirukan perkataan manusia.

Tampak seorang pelatihd engan lantang meneriakan kata “Hello”. Seketika, tanpa diduga-duga, orca tersebut menirukan kata tersebut dengan inonasi yang serupa. Meskipun tidak begitu jelas artikulasinya, namun sekilas kamu akan mendengar orca tersebut juga meneriakan kata “Hello”.

Pelatih tersebut melatih orca berusia 14 tahun bernama Wikie berbagai macam hal. Salah satunya adalah menirukan intonasi manusia. Setelah berhasil, orca tersebut akan mendapat sebuah hadiah berupa ikan yang lezat.

Di video lain, Wikie dan anaknya, Moana, juga dilatih untuk mengeluarkan suara berdasarkan perintah tangan manusia. Tampak seorang pelatih wanita melambai-lambaikan tangannya ke udara dan membentuk sebuah isyarat. Orca tersebut pun mulai mengeluarkan suara unik seiring dengan lambaian tangan pelatih.

Meski terlihat seperti berbicara, orca tersebut nyatanya tidak menggunakan kata “Hello” dan suara unik lainnya untuk berkomunikasi dengan manusia. Nyatanya hewan-hewan mamalia ini menggunakan suaranya di dalam laut untuk berburu, menentukan jarak dan membingungkan musuh. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri, suara mereka menggemaskan sekali, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *