Otak Jadi Cerdas Berkat Puasa, Ini Faktanya

Otak Jadi Cerdas Berkat Puasa, Ini Faktanya

Manfaat Puasa yang dilakukan semua umat islam adalah menambah pahala dan menguji kesabaran. Selain itu, survey kesehatan juga sudah membuktikan jika ibadah ini bisa membuat seseorang lebih sehat, walaupun tidak makan dan minum seharian.

Tidak hanya dapat menyehatkan ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu peroleh ketika melaksanakan ibadah puasa, salah satunya adalah kecerdasan dan pola hidup yang lebih teratur.

  • Peduli Kesehatan
    Di luar bulan puasa, kamu mungkin sering bepergian ke sana ke mari, tak peduli badan sudah sangat capek dan butuh istirahat. Namun, bulan puasa sepertinya hal seperti ini jarang sekali terjadi. Kamu akan lebih banyak beristirahat di rumah, saat liburan juga paling diisi dengan tidur siang. Sekali lagi hal tersebut tak lain karena kamu berpatokan pada ‘tidurnya orang puasa itu adalah ibadah’.
  • Efesiensi Uang
    Poin ini adalah yang paling jelas. Dengan berpuasa seseorang akan semakin bijak dalam mengatur pengeluaran uangnya. Pengeluaran untuk hangout atau ngumpul bersama teman akan semakin berkurang. Untuk yang sudah bekerja, menjadi berkah tersendiri tentunya, saat kamu bisa menabung untuk sekedar membeli baju lebaran, atau mungkin bagi-bagi THR kepada keponakan dan adik-adik. Intinya, moment puasa ini bisa menjadi berkah tersendiri untuk dompet dan tabungan kamu.
  • Tidur Teratur & Efektivitas Kerja
    Kalau hari biasa seseorang lebih suka tidur malam alias begadang, ketika bulan puasa hal tersebut biasanya agak dikurangi. Mengapa? Tentunya karena akan ada waktu sahur yang mengharuskan kamu bangun lebih awal dari biasanya. Waktu untuk bekerja yang suntuk sampai malam pun harus diberi kelonggaran, agar bisa melaksanakan sholat berjama’ah dan teraweh. Ya, berkah Ramadan satu lagi karena kamu akan lebih cerdas memilih waktu untuk bekerja dan beristirahat
  • Perbanyak Doa dan Beramal
    Bulan puasa adalah waktu di mana doa-doa dikabulkan dan permintaan terijabah. Akan sayang sekali bukan kalau kamu menyia-nyiakan hal ini. Jika kebetulan belum hafal, kamu dapat mencicil sedikit demi sedikit, menghafalkan doa-doa dan amalan baik. Selain melatih kecerdasan, hal tersebut bisa menjadi ladang pahala tersendiri untukmu.
  • Tepat Waktu Berbuka
    Berpuasa di bulan Ramadan membuat indera pengingat kamu menjadi lebih tajam. Kalau selama ini suka lupa waktu azan, ketika puasa kamu akan ingat di luar kepala. Bahkan, jadwal imsak ditempel di ruang makan agar tidak terlupakan. Jika selama ini malas-malasan untuk bangun pagi, maka bulan puasa membuatmu mau tak mau harus sahur. Selain itu, kamu jadi hafal betul di mana ada tempat takjil yang enak untuk menu berbuka. Kamu juga akan menghindari kata ‘terserah’ saat ditanya mau makan apa. Ramadan memang membawa banyak berkah dan perubahan baik dalam diri seseorang.

Sudah terbukti jika bulan yang penuh hikmah ini dan datang hanya setahun sekali ini membuat tingkat kecerdasan dan keterampilan seseorang meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *