Mengenali Berbagai Sindrom Dan Termasuk Dalam Kelainan Jiwa Aneh di Dunia

Mengenali Berbagai Sindrom Dan Termasuk Dalam Kelainan Jiwa Aneh di Dunia

Sindrom, dalam ilmu kedokteran dan psikologi, adalah kumpulan dari beberapa ciri-ciri klinis, tanda-tanda, simtoma, fenomena, atau karakter yang sering muncul bersamaan. Kumpulan ini dapat meyakinkan dokter dalam menegakkan diagnosis.

Tapi ada juga beberapa sindrom dijadikan nama penyakit, seperti Sindrom Down atau Sindrom Crouzon. Kata sindrom berasal dari bahasa Yunani yang berarti “berlari bersama”, seperti yang terjadi pada kumpulan tanda tersebut. Di dunia ada berbagai macam sindrom kelainan jiwa.

  • Alien Hand Sindrom

Sindrom tangan alien termasuk sindrom kelainan jiwa yang aneh. Orang yang mengidap sindrom ini akan merasa bagian tubuhnya seakan bergerak sendiri tanpa bisa ia kontrol. Anggota badannya bisa berayun sendiri yakni tangan dan kakinya bahkan menyakiti dirinya sendiri. Sindrom ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami cedera otak. Cedera otak ini bisa berupa infeksi, tumor atau alzheimer.

  • Taijin Kyofusho

Sindrom Taijin Kyofusho adalah rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu yang dianggapnya memerlukan dirinya sendiri. Hal itu bisa berupa khawatir masalah bau badannya, bau mulut, bajunya yang tak rapi atau sesuatu yang menyinggung orang lain.

Ketakutan berlebihan ini menyebabkan penderita Taijin Kyofusho tidak mau sama sekali berinteraksi sosial dengan orang lain. Sindrom Taijin Kyofusho berasal dari Jepang karena memang banyak orang Jepang menderita sindrom ini.

  • Sindrom Zombie

Atau disebut dengan Cotard Syndrom yaitu penderitanya sering berhalusinasi bahwa ia sudah mati dan tidak pernah ada di Dunia. Penderitanya akan merasa bahwa ia tak mengenali dirinya lagi bahkan saat bercermin melihat mukanya sendiri sekalipun. Penderita sindrom Zombie jika ditanya ia tak akan tahu nama atau siapa dirinya lagi.

  • Sindrom Pica

Sindrom Pica ialah seseorang yang suka makan sesuatu yang bukan untuk di konsumsi. Misalnya penderita sindrom ini akan makan busa sofa, crayon, lilin, pasir, kayu dan lain sebagainya. Sindrom Pica juga menyebabkan kelainan jiwa bercabang seperti Coprophagy yang suka makan kotoran manusia bahkan sampai makan kaca. Efek sindrom ini sangat berbahaya karena penderita bisa keracunan jika memakan benda yang mengandung bahan kimia berbahaya.

  • Fregoli Sindrom

Sindrom ini membuat seseorang dimana dirinya merasa orang disekelilingnya semua sama. Misal penderita Fregoli Sindrom mempunyai ayah, ibu, kakak, adik, teman dan pacar serta orang lainnya adalah satu orang yang sama.

Penderita menganggap orang-orang itu adalah satu individu sama yang hanya berganti-ganti penampilan dan wajah untuk menipunya. Sindrom ini biasanya disebabkan penderita sudah mengidap Skizofrenia,Dimensia, Epilepsi dan cedera otak parah.

  • Sindrom Koro

Sindrom ini terbilang sangat aneh karena penderitanya merasa ketakutan kronis bahwa alat kelaminnya akan tertarik kedalam tubuh lantas hilang. Kelainan ini bisa menyerang siapa saja baik laki-laki atau perempuan. Peneliti mengungkapkan bahwa sindrom ini banyak diidap oleh masyarakat di negara Asia bagian utara saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *