Mari Kita Bangun Teamwork, Bukan Senioritas

Mari Kita Bangun Teamwork, Bukan Senioritas

Sosialisasi adalah kebutuhan dasar manusia. Tanpa disadari, kita membutuhkannya lebih dari pangan maupun papan. Dalam melakukan aktivitas sosialnya, manusia sering mengalami beberapa gesekan yang menimbulkan pertengkaran. Perselisihan yang ditimbulkan dapat terjadi dimana saja, dalam hubungan Anda dengan keluarga, hubungan Anda dengan teman main atau pun hubungan Anda dengan rekan kerja di kantor.

Karakterisitik seseorang akan kita ketahui dalam dunia kerja seperti sebuah film dengan berbagai watak dan pemikiran yang berbeda. Dari tiap individu yang termasuk dalam tim itu pasti memiliki opini yang berbeda-beda. Sering terjadi gesekan akibat perbedaan opini itu yang membuat teamwork tidak berjalan dengan baik, bahkan bisa berdampak ke hal yang lebih personal.

Pernahkah anda berpikir jika dalam suatu pekerjaan dimana anda memulai sesuatu itu dari 0 dan menemukan indikasi adanya senioritas di dalamnya ? Mungkin sebagian orang pernah berpikir jika kedudukan antara junior dengan senior staff berbda. Mari kita buktikan jika asumsi tersebut adalah salah.

1. Make A Great Team Work
Tumbuhkan semangat Team Work dalam diri anda. Untuk membangun suasana kerja yang baik tentu saja kita tidak bisa mengandalkan diri sendiri. Tunjukkan jika kita sebagai orang yang baru masuk bekerja atau sudah lama bekerja bisa memberikan pandangan dan bekerja dalam kondisi yang positif.

2. Helping To Each Other
Dengan membiasakan diri berbuat baik dari kemarin, hari ini dan seterusnya itu akan membuat diri anda lebih baik dalam meolong sesame rekan kerja.

3. Respect People
Dalam bekerjasama tim “menghargai” tentunya menjadi point utama. Mengapa? Jika ada perbedaan pendapat sesame tim tentu hal itu menjadi perdebatan tapi tidak untuk masalah melainkan mencari solusi. Buat kredibilitas anda lebih baik.

4. Self Control
Nama nya juga tim , posisikan diri anda pada tempatnya. Kendalikan diri anda. Jangan biarkan ego yang kendalikan anda.

5. Friendly & Humble
Jika memang ada masalah yang harus diselesaikan, dan anda merupakan orang pertama yang mampu memecahkan masalah tersebut, buatlah itu sebagai point bukan sebagai kesombongan. Tetap rendah diri dan menjaga persahabatan team. It’s a Great Team !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *