Inilah Gaya Hidup Digital yang Harusnya Diterapkan oleh Mahasiswa Zaman Now

Inilah Gaya Hidup Digital yang Harusnya Diterapkan oleh Mahasiswa Zaman Now

Inilah Gaya Hidup Digital yang Harusnya Diterapkan oleh Mahasiswa Zaman Now – Seiring perkembangan zaman serta kecanggihan teknologi, disadari ataupun tidak secara perlahan kini kita mulai menerapkan gaya hidup digital. Tidak hanya urusan belanja online, semua aspek kehidupan kini dipermudah dengan bantuan digital seperti publikasi, baca buku, mencuci baju, sampai pembayaran kebutuhan sehari-hari.

Baca juga : Ini Alasan Anda Belum Bisa Melupakan Mantan

Dan gaya hidup digital ini pun perlahan diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali anak-anak muda baik itu pelajar maupun mahasiswa. Nah, buat kamu mahasiswa zaman now, di era digital ini gak ada lagi alasan untuk malas gerak mengerjakan tugas atau melakukan transaksi karena nyatanya gaya hidup digital bisa memudahkanmu melakukan berbagai aktivitas.

Ini 5 praktik gaya hidup digital yang seharusnya diterapkan baik-baik oleh mahasiswa zaman now.

1. Sharing materi kuliah via cloud file storage

Zaman sekarang semua mahasiswa pasti punya akun email. Sayang banget dong kalau fasilitas-fasilitas dari email tersebut gak dimanfaatkan, salah satunya adalah cloud file storage atau tempat penyimpanan data virtual.

Daripada repot-repot saling kirim email, sekarang dengan clouds kamu dimudahkan untuk share materi kuliah atau tugas kelompok. Poin plusnya tentu aja setiap orang yang dishare bisa mengedit dan saling mengomentari data tersebut. Dengan cloud ini gak ada lagi deh anggota kelompok yang gabut dalam pengerjaan tugasnya.

2. Ketika selebaran pamflet dibuang-buang, promosi produk atau event bisa menggunakan media sosial

Kegiatan mahasiswa selain belajar adalah sibuk bikin-bikin acara. Supaya acaranya diketahui publik tentu membutuhkan media publikasi yang mumpuni. Era digital nyatanya juga mengajak kita untuk ramah lingkungan lho.

Bila dulu promosi produk dan event dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, pamflet, hingga poster besar, kini semuanya itu bisa disederhanakan dengan menggunakan media sosial. Tentu saja ada banyak keuntungannya kalau menggunakan media sosial sebagai sarana promosi.

Pertama, kamu akan meraih lebih banyak audiens untuk mengetahui informasi promo tersebut. Kedua, kamu sangat bisa menghemat biaya karena tidak perlu mencetak poster dan pamflet. Jadi, mulai sekarang jika akan menyebarkan promosi atau kampanye, manfaatkan media sosial sebaik-baiknya ya!

3. Makin banyak tempat publikasi jurnal ilmiah, berselancar di internet jadi berfaedah

Kalau kamu adalah pelajar atau mahasiswa yang sangat membutuhkan referensi-referensi pengetahuan dari peneliti luar negeri, wajib hukumnya bagimu untuk mencari jurnal-jurnal ilmiah yang ada di internet.

Apalagi kalau kamu kini tengah mengerjakan skripsi maupun penelitian lainnya, tidak semua referensi yang kamu butuhkan ada di perpustakaan. Pula tidak semuanya dicetak dalam bentuk buku, maka kamu harus rajin mencari jurnal-jurnal ilmiah tersebut di internet. Dijamin gak akan kehabisan materi deh.

4. Pesan tiket kereta atau pesawat gak usah ngantre lagi, gunakan aplikasi e-ticketing

Mahasiswa mana yang gak doyan jalan-jalan? Selain untuk liburan, gak jarang mahasiswa melakukan perjalanan sebagai tugas kuliah atau pertukaran pelajar. Sekarang semakin banyak aplikasi penyedia jasa tiket yang biasa dikenal dengan e-ticketing. Teknologi ini jelas bakal membantu mahasiswa menghemat waktu buat booking tiket perjalanannya.

Siapa sih yang betah mengantre lama? Selain membuang-buang waktu, mengantre tiket justru bikin keki karena bisa saja kita kehabisan. Selain menghemat waktu dan tenaga, kita juga bisa memantau ketersediaan tiket pada waktu yang kita inginkan. Jadi kalau mudik gak khawatir kehabisan tiket lagi deh!

5. Jajan tanpa uang tunai? Bisa banget pakai e-money!

Ketika sedang jalan-jalan kemudian menyadari kalau lupa bawa dompet, pasti rasanya panik. Tapi di era digital sekarang hal-hal seperti itu bisa disiasati dengan menggunakan uang digital alias e-money. Nah, e-money ini sifatnya non-tunai sehingga uang yang kamu bayarkan tidak berbentuk fisik.

Salah satu contoh e-money yang sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia adalah TCASH yang diperkenalkan oleh operator seluler Telkomsel. Dengan menggunakan TCASH, kamu tidak cuma bisa jajan makanan dan minuman favorit melainkan juga membeli tiket nonton bioskop, membeli pulsa, bahkan juga bisa melakukan donasi.

Tentunya akan ada banyak keuntungan dengan melakukan transaksi non-tunai. Dari TCASH sendiri ada banyak promo yang ditawarkan hampir setiap harinya yang bisa kamu manfaatkan demi menghemat pengeluaran. Seperti misalnya, promo cashback pulsa sampai 20%. Pas banget kan buat anak-anak Millennials yang doyan jajan tapi gemar menabung juga.

Nah, itu tadi 5 hal yang seharusnya kamu manfaatkan di era digital. Tidak ada salahnya untuk menerapkan gaya hidup digital karena bagaimana pun semua itu akan mempermudah kita