Inilah 5 Negara Eksportir Robot Terbesar di Dunia

Inilah 5 Negara Eksportir Robot Terbesar di Dunia – Industri robot setiap tahun semakin berkembang, robot juga semakin banyak digunakan di perusahaan manufaktur untuk menangani pekerjaan. Bahkan robot dikatakan telah mengekspansi ke dalam bisnis jasa seperti pelayan restoran, kasir dan lain sebagainya.

Baca juga : Akan Hadir di Tahun 2018, Teknologi Canggih Mobil Terbang

Akibatnya banyak negara mulai melirik bisnis robot sebagai komoditas ekspor andalan. Pada tahun 2017 kemarin, nilai ekspor industri robot sdah mencapai USD 4 Milyar Dollar dan naik 31% dari tahun 2016. Sungguh kenaikan yang besar ya guys?Lalu negara apa saja yang menikmati kue ekonomi industri ini dan seberapa keren perkembangan robot di industri negara mereka?

Berikut 5 negara eksportir terbesar dalam industri robot!

1. Jepang

Kalau bahas robot, pasti Jepang adalah salah satu negara dengan inovasi robot yang terkemuka. Bahkan sering kita melihat berita tentang banyaknya pekerjaan yang sudah mengandalkan robot di negara ini. Tak heran, Jepang mampu memimpin dan mendominasi hingga 36,6% ekspor robot dunia dengan nilai USD 2,2 Milyar naik 76,8% dari tahun 2013 dan tentu dari tahun ke tahun akan terus meningkat mengingat permintaan yang terus naik dari bidang industri dunia!

2. Jerman

Negara dengan ekonomi terbesar di Benua Eropa ini tak mau kalah untuk mengembangkan industri robotnya, walau tak mampu menyaingi Jepang nilai ekspor negara ini di bidang industri mampu mencapai USD 858,5 Juta atau sekitar 14,2% pangsa ekspor komoditi ini! Jauh dibawah Jepang ya guys!

3. Italia

Italia yang terkenal dengan pariwisata sejarah dan mobil mewahnya juga unjuk gigi dalam bidang robotik. Menempati urutan ketiga sebagai negara pengekspor terbesar dalam bidang robot, mampu meraup nilai USD 392,5 Juta atau sekitar 6,5% saja! Makin jauh dibawah peringkat sebelumnya ya guys!

4. Perancis

Sebagai negara maju industrinya, Perancis juga menjadikan industri robot sebagai andalan di masa depan kelak. Inovasi teknologi dalam bidang robot dari negeri yang terkenal akan keromantisannya ini walau masih kalah dari Italia, mampu mencapai USD 332,8 Juta atau hanya sekitar 5,5% saja!

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat sebagai negara adigdaya ternyata tidak mampu bersaing dalam pasar ekspor industri robot, negara ini hanya mampu bertengger di posisi kelima dengan pendapatan USD 303,3 Juta pada tahun 2017 atau hanya sekitar 5% saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *