Ini Alasan Anda Belum Bisa Melupakan Mantan

Ini Alasan Anda Belum Bisa Melupakan Mantan

Ini Alasan Anda Belum Bisa Melupakan Mantan – Melupakan mantan kekasih bukan pekerjaan yang mudah. Membuang jauh bayangan orang yang sebelumnya mengisi hati kita membutuhkan waktu serta usaha lebih. Belum lagi kalau mantan kekasih itu termasuk ke dalam kategori mantan terindah yang telah memberikan banyak kenangan.

Baca juga : Inilah 5 Gaya Hidup Sehat Supaya Panjang Umur

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda masih belum bisa melupakan mantan, seperti yang dilansir dari thisisinsider.com.

1. Anda kesepian

Menurut Erika Ettin, seorang pemandu hubungan dan pendiri dari A Little Nudge, salah satu alasan utama mengapa Anda belum bisa melupakan masa lalu adalah karena merasa kesepian pada saat ini.

Putus cinta memang terkadang membuat seseorang kaget dengan situasi yang terjadi secara tiba-tiba. Anda akan menjadi lebih sering melamun dan memikirkan kenangan yang sudah-sudah. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan banyak kesibukan untuk mengalihkan perhatian dari sakitnya hati tersebut.

“Kembali ke hobi yang Anda lakukan sebelumnya, lakukan apapun yang dapat membuat Anda senang, serta berhubungan kembali dengan teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa,” paparnya penuh nasihat.

2. Masih melihat sosial medianya

Masih menyimpan akun sosial media mereka dan tetap melihat unggahannya, bukan merupakan ide yang baik menurut Ettin. Sebab, hal ini hanya akan menggagalkan program move on Anda dan tergoda untuk menghubunginya kembali.

“Blokir, unfriend, unfollow, dan batalkan segala jenis pertemanan di sosial media.” ujarnya.

Anda tetap bisa berteman dan berkirim pesan dengan mereka di kemudian hari, tetapi tidak ketika belum move on.

3. Hanya mengingat kenangan yang baik

Sebaik apapun mantan, ia masih tetap seorang manusia yang tidak luput dari kesalahan. Namun, lazimnya ditemui pada orang-orang yang gagal move on adalah hanya melihat sisi baiknya saja dan mengabaikan fakta bahwa ia juga sering menyakiti Anda.

4. Tidak mau belajar melupakan

Niels Eek, seorang psikolog mengatakan bahwa belajar melupakan adalah salah satu langkah paling penting untuk melepaskan diri dari masa lalu.

“Pikirkan bagaimana cara Anda dapat lepas dari situasi tersebut. Meski awalnya terasa sulit, tetapi dengan lebih banyak melatih diri dan memahami semuanya, maka Anda akan menemukan proses yang lebih mudah.” paparnya.

5. Manusia adalah makhluk sosial

Niels Eek juga mengatakan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang selalu mengalami kesulitan untuk menjauhi seseorang meskipun orang tersebut berlaku buruk pada mereka.

“Hasil penelitian dari London School of Economics menemukan bahwa kunci kebahagiaan tidak akan ditemukan pada kekayaan, tetapi lebih kepada mental yang sehat dan hubungan pertemanan.” jelasnya. Tanpa hubungan, kita akan merasa kesepian, dan hal tersebut dapat berkembang menjadi depresi dan kecemasan.