Ini 7 Trik Jitu Food Photography Dengan Smartphone Biar Instagramable

Ini 7 Trik Jitu Food Photography Dengan Smartphone Biar Instagramable

Ini 7 Trik Jitu Food Photography Dengan Smartphone Biar Instagramable – Sudah bukan hal aneh lagi jika menjumpai sebagian besar orang yang selalu memotret makanannya sebelum dimakan atau bahkan kamu juga? Hal itu sah-sah aja, tapi terkadang foto yang kamu ambil tak sesuai ekspektasi alias tidak instagramable. Untuk mendapatkan foto makanan yang instagramable atau yang mempunyai nilai seni bisa dibilang susah-susah gampang.

Baca juga : 7 Trik Jitu Memotret Anak Ala Fotografer Handal

Kamu sering iri dengan hasil jepretan para food blogger yang sepotong aja bisa kelihatan indah? Gak perlu khawatir, bermodalkan kamera smartphone, kamu tetap bisa kok menghasilkan foto makanan yang menarik. Ini dia tujuh triknya.

1. Pencahayaan natural vs artificial

Pencahayaan adalah hal terpenting dalam memotret makanan. Dengan bermodalkan kamera smartphone sekali pun, kamu tetap bisa mendapatkan foto yang bagus jika sumber cahayanya sesuai. Salah satu sumber cahaya natural terbaik untuk foto makanan adalah dari jendela, pastikan cahaya datang dari jendela samping sebab akan memberikan efek sempurna untuk tekstur makanan.

Selain dengan menggunakan cahaya natural kamu pun dapat mencoba teknik pencahayaan artificial atau cahaya yang diciptakan sendiri. Kamu dapat menggunakan lampu LED yang diletakkan di sisi makanan atau tepat di atas makanan secara vertikal.

2. Memahami perspektif dengan baik.

Perspektif foto makanan pada umumnya dipotret dari sisi atas, namun ini tidak berlaku untuk setiap makanan lho. Jika makananmu terdiri dari beberapa bentuk misalnya cupcake maka memfoto dari atas akan memberikan efek tiga dimensi. Sedangkan jika objeknya berupa makanan di dalam mangkok maka memotret dari sisi kiri atau kanan bisa menjadi pilihan.

3. Penataan makanan

Penataan makanan adalah hal mendasar yang harus kamu pahami. Penataan makanan ini biasanya berhubungan dengan koordinasi warna, penyajian, hiasan dan latar belakang yang sesuai. Misalnya saja komposisi piring putih besar dengan hiasanya berwarna hijau yang selalu sesuai. Triknya yaitu perhatian diagram warna di atas untuk menentukan warna yang cocok dan yang berlawanan.

4. Kuantitas objek

Biasanya memperlihatkan satu porsi makanan untuk difoto lebih baik daripada memperlihatkan meja penuh makanan meski tergantung kondisi tujuan fotonya juga sih. Tapi dengan foto makanan yang ditata satu porsi akan memberikan kesan terlihat lebih enak dan menarik.

5. Kualitas objek

Kualitas objek jadi pilihan awal sebelum memulai kesukaanmu memotret makanan. Pastikan foto yang kamu bagikan memang objek makanan yang berkualitas alias enak. Sebab fotomu bisa saja berperan dalam menentukan opini publik.

6. Waktu yang sesuai

Sederhana saja, pastikan foto makananmu dalam keadaan panas atau baru saja disajikan.

7. Proses penyuntingan

Trik terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah sentuhan akhir atau proses penyuntingan. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang mudah dan memiliki hasil bagus seperti VSCOcam. Tapi ingat ya, proses editing hanyalah pelengkap akhir dan yang terpenting adalah hasil foto yang kamu peroleh.

Inget ya guys, practice make perfect, selamat mencoba!