Hidangan Makanan Terkejam dari Taiwan

Bicara soal makanan, Taiwan sejak lama terkenal sebagai negara yang menyajikan makanan ekstrem. Salah satunya menu makanan yang terkenal ekstrem dan sadis adalah yin yang fish. Hidangan tersebut berasal dari ikan segar yang sangat populer di kalangan masyarakat China.

Kenapa hidangan ini terkenal ekstrem dan sadis? Hal ini dikarenakan menu ini dimasak “setengah matang”. Jangan salah kira ya, setengah matang itu tidak merujuk pada tingkat kematangan sesungguhnya. Yang dimaksud dengan setengah matang disini adalah hanya setengah bagian dari ikan tersebut yang dimasak matang, sementara bagian kepalanya tersaji mentah. Tak jarang ikan tersebut justru masih hidup saat disajikan.

Malah cara memasaknya juga terkesan sadis karena ikan dimasukkan ke dalam wajan yang berisi minyak panas dalam keadaan hidup. Tentu saja cara ini menuai banyak proses dari kalangan penyayang binatang.

yin yang fish

Biasanya pada saat pengolahan, kepala ikan akan dibungkus dengan kain basah untuk memastikan ikan tetap bernapas dan tidak terciprat oleh minyak panas. Sementara bagian tubuh lainnya digoreng hingga matang dan diberi campuran bumbu favorit. Cara memasak ini membutuhkan keahlian dari para koki dan kepala ikan yang hidup untuk menunjukkan bahwa hidangan masih dalam kondisi segar saat dimasak.

Wajar saja jika makanan ini mendapat banyak kritik dari netizen lantaran terlihat kejam dan menyiksa binatang. Malah pada tahun 2009, video sajian kuliner mengerikan ini sempat meluas dengan kondisi kepala ikan masih bergerak, sedangkan bagian tubuhnya disantap konsumen. Video itu langsung jadi sorotan, bahkan organisasi pendukung hak-hak binatang, PETA melabelkan yin yang fish sebagai panganan menjijikkan dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *