7 Kota di Dunia yang Memiliki Karya Seni Graffiti Terbaik

7 Kota di Dunia yang Memiliki Karya Seni Graffiti Terbaik

7 Kota di Dunia yang Memiliki Karya Seni Graffiti Terbaik – Seni graffiti tak hanya sekedar coretan tak jelas, tetapi memungkinkan ada makna ataupun pesan di dalamnya. Karya seni yang satu ini paling sering ditemukan di dinding-dinding atau di jalanan. Ada juga yang di gedung-gedung ataupun hotel mewah.

Baca juga : Pemuda Ini Berhasil Mengolah Bambu dan Menghasilkan Rp 300 Juta Sekali Jual

Bahkan ada beberapa kota di dunia yang sangat menghargai karya seni graffiti ini. Inilah 8 kota di dunia yang memiliki karya graffiti terbaik. Simak ulasannya ya.

1. Buenos Aires, Argentina

Kota terpadat keempat di Amerika ini memiliki saham yang sangat aktif mengenai seni kontemporer jalanan. Tidak seperti kota-kota yang lainnya, di sini tidak perlu mendapatkan izin dari pemerintah untuk menciptakan karya mural terbaru. Untuk menciptakan karya mural di Buenos Aires, hanya memerlukan izin dari pemilik propertinya.

2. Lisbon, Portugal

Pada awal 90-an, kota ini telah kedatangan seniman tradisional. Dan beberapa tahun terakhir, Dewan Kota Lisbon telah secara aktif mendukung seniman jalanan.

Dengan kemunculan “Underdog” dan proyek Crono, serta munculnya homegrown artis seperti Vhils, kota ini menjadi lebih menarik dan dikenal. Gak heran kalau Lisbon menjadi salah satu lokasi terbaik di dunia untuk urusan seni jalanan dan semacamnya.

3. Bristol, Inggris

London memang kota traveling terbaik di Inggris. Tetapi kalau ngomongin tentang kota seni di Inggris, Bristol lah jagonya. Dijuluki kota seniman, karena Bristol merupakan kota tempat dibesarkannya seniman graffiti terkenal, Banksy.

Dengan mudahnya, Bristol menarik orang-orang muda kreatif dari seluruh dunia untuk berkunjung ke kota ini. Pada festival musim panas Eropa yang diadakan di sini, banyak seniman yang diundang untuk melukis langsung di lingkungan Bedminster dan Southville.

4. Berlin, Jerman

Setelah jatuhnya Tembok Berlin pada 1989, seniman jalanan lokal dan internasional merayakannya dengan menghias dinding yang masih berdiri dengan karya seninya. Bahkan lingkungan Berlin Timur, seperti Mitte dan Friedrichshain yang terlihat suram, menampilkan beberapa seni graffiti yang paling bersemangat di Eropa.

Kalau kamu jalan-jalan ke Jerman, jangan lupa mampir destinasi Tembok Berlin ya. Lukisan di atasnya bukan hanya sekedar karya seni saja, tetapi di dalamnya juga ingin menyampaikan suasana politik di Jerman.

5. Sao Paulo, Brazil

Tak perlu dipungkiri lagi, Brazil memang merupakan salah satu negara terbaik untuk bersenang-senang. Terutama di Sao Paulo. Bukan hanya memiliki klub malam, sampanye mewah, dan tarian samba yang memukau saja, tetapi Sao Paulo juga merupakan kota graffiti terbaik di Brazil. Pencinta seni wajib ke sini, nih!

6. Bogota, Kolombia

Di Bogota, seni graffiti juga telah dilegalkan. Jadi para seniman di sana bisa mengekspresikan kekreativitasannya secara bebas. Kota ini juga kaya warisan budaya yang juga ikut menyediakan lahan untuk seniman muda berbakat. Asyik banget, deh.

7. Angouleme, Perancis

Angouleme, sebuah kota kecil di Perancis dan merupakan rumah untuk Europe School of Visual Arts. Sekolah ini menawarkan gelar sarjana seni komik dan festival komik tahunan.

Bahkan, sekolah ini telah mendapatkan julukan “Capital of the Comic Strip”. Lebih menariknya lagi, cukup banyak seniman yang mempraktikkan karya mereka pada bangunan lokal di sini.