6 Tips Untuk Menghasilkan Foto Berkualitas Ketika Liburan

6 Tips Untuk Menghasilkan Foto Berkualitas Ketika Liburan

6 Tips Untuk Menghasilkan Foto Berkualitas Ketika Liburan – Siapa yang tak suka berfoto ketika berlibur? Tentu semua orang senang berfoto saat bepergian di manapun berada, dari selfie hingga foto tempat yang dikunjungi. Dan tentu dengan adanya foto itu akan digunakan sebagai bukti kalau kita telah mengunjungi tempat tersebut.

Baca juga : Ini 7 Trik Jitu Food Photography Dengan Smartphone Biar Instagramable

Namun, tentu saja terkadang kita merasa kesal dan kecewa ketika hasil jepretan tidak sebagus yang kita inginkan. Untuk masalah tersebut, berikut ada beberapa solusi dan tips untuk berfoto dengan hasil yang lebih baik serta menarik. Simak ulasan berikut ini, yuk!

1. Perhatikan komposisi foto

Dalam meletakkan benda-benda dalam bingkai ada beberapa aturan tidak tertulis. Ada penempatan objek dalam foto di sepertiga frame dan ada juga aturan rasio emas di mana objek ditempatkan dalam rasio 1:6 dalam bingkai.

Dan ada juga yang sengaja menaruh objek foto di tengah frame. Semua itu tidak ada salahnya untuk dicoba dan siapa tahu menghasilkan foto yang menarik.

2. Coba berfoto dengan perspektif yang unik dan tidak biasa

Dalam mengambil foto, posisi sangat menentukan, apakah foto itu akan bagus atau tidak. Posisi sudut yang biasanya kita lakukan untuk mengambil foto adalah seperti posisi berdiri, tentu itu akan menghasilkan foto yang biasa-biasa saja.

Cobalah dengan posisi yang lain saat mengambil foto, misalnya jongkok atau dengan posisi yang lebih rendah atau lebih tinggi. Pasti akan menghasilkan foto yang berbeda dan unik daripada foto lainnya.

3. Masukkan bingkai alami untuk berfoto

Selain bermaksud memisahkan objek yang tidak ingin dimasukkan ke dalam foto, membingkai foto juga bertujuan untuk menambah kesan ruang di foto. Kamu bisa mendapatkan frame-frame ini dalam berbagai bentuk, seperti dahan, daun, jendela, lengkungan dan sejenisnya.

4. Gunakan objek sebagai skala

Dengan perbandingan satu objek dengan objek lain, akan lebih mudah untuk mengirimkan pesan dimensi dan size kepada para pecinta foto.

5. Sejajarkan garis horisontal dengan bantuan grid

Garis lurus akan membuat foto terlihat lebih rapi, terutama jika foto diambil di area pantai yang memiliki cakrawala.

6. Jangan lupa untuk berfoto pada saat matahari terbenam, tepatnya golden hour

Ketika matahari mulai tenggelam adalah waktu yang tepat untuk mengambil foto. Karena, pada waktu itu matahari berada di cakrawala. Sehingga akan menghasilkan cahaya dan warna yang hangat serta menunjukkan dimensi yang lebih banyak dari suatu subjek. Karena di saat itu akan mendapatkan pencahayaan dari samping.