6 Kuliner Khas Pulau Laskar Pelangi yang Wajib Dicoba

6 Kuliner Khas Pulau Laskar Pelangi yang Wajib Dicoba – Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera. Pulau yang terkenal sebagai wisata pantai yang eksotis itu selalu berhasil membuat siapapun terpesona.

Baca juga : Anak Kost Pasti Tau Bakmie Terenak Di Tanjung Duren

Banyaknya batu besar menjadi ciri khas Pulau Laskar Pelangi ini. Selain pantai yang indah, Bangka Belitung juga menyimpan berbagai macam kuliner khas super lezat yang wajib kamu coba, seperti 6 di antaranya berikut ini:

1. Sambalingkung

Makanan yang terbuat dari ikan tengiri ini merupakan abon yang dibumbui dengan racikan rempah khas Bangka Belitung. Kalau dilihat sekilas, bentuk dan teksturnya mirip abon. Tetapi, sambalingkung memiliki tekstur yang kasar dan berserat. Abon yang gurih dan enak ini tak boleh kamu lewatkan.

2. Pantiaw

Makanan khas yang satu ini terbuat dari daging ikan yang disuwir dan dibumbui berbagai macam rempah pilihan. Daging ikan tersebut dihidangkan dalam bentuk suwiran tipis atau cincang halus. Pantiaw disajikan bersama kuah santan dengan campuran rasa pedas manis dengan taburan bawang goreng di atasnya. Yummy!

3. Lempah kulat pelawan

Kulat berarti jamur dalam bahasa setempat, pelawan adalah nama salah satu pohon. Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan jamur sebagai bahan utama. Lempah kulat pelawan ini berbeda dengan lempang kuning yang menggunakan kuah asam Jawa, karena yang ini menggunakan kuah santan. Pasti rasanya gurih. Nyam!

4. Ayam bumbu ketumbar

Ayam bumbu ketumbar sangat populer di daerah Belitung. Kamu pasti akan menemukan menu ini di berbagai pesta di Belitung. Ayam bumbu ketumbar biasanya menggunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Untuk menambahkan citarasa asam, masyarakat setempat menambahkan sedikit potongan nanas.

5. Lakso Bangka

Tampilannya mirip seperti mie bakso, tapi lakso terbuat dari bahan tepung beras. Gak heran kalau tekstur mi-nya kenyal. Lakso disajikan dengan kuah santan yang kaya dengan bumbu rempah-rempah. Pas banget buat sarapanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *