5 Kebiasaan yang Bisa Memperpendek Usia Hard Disk Laptop

5 Kebiasaan yang Bisa Memperpendek Usia Hard Disk Laptop

5 Kebiasaan yang Bisa Memperpendek Usia Hard Disk Laptop – Hard disk adalah media penyimpanan di laptop dan PC. Dan di hard disk itu juga tersimpan file sistem operasi yang pada nantinya akan di-load ketika komputer dinyalakan. Dan tentunya, hard disk merupakan komponen yang sangat penting bagi komputermu.

Baca juga : 5 Smartphone Samsung yang Memiliki Daya Tahan Baterai Jumbo

Namun perlu kita ketahui, ada kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan yang bisa menyebabkan kerusakan pada hard disk. Apa saja?

1.Memindahkan laptop saat dihidupkan

Kedengarannya sepele namun hal ini dapat memicu terjadinya kesalahan pembacaan pada head hard disk karena guncangan yang terjadi secara mendadak yang disebabkan dari kita memindahkan laptop tersebut dalam keadaan hidup.

2.Sering digunakan untuk memutar musik dan film dalam durasi waktu yang lama

Karena hard disk menggunakan piringan sebagai media penyimpanan maka saat kita melakukan pemutaran terhadap film atau musik maka hal ini akan memaksa head untuk membaca sektor data yang sering di-load yang akan mengakibatkan umur hard disk tidak panjang.

3.Menaruh file tidak terorganisir

Kedengarannya mustahil jika hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk, namun kenyataannya hard disk akan bekerja lebih keras apabila kita melakukan peletakan data yang tidak tersusun sehingga akan menyebabkan kinerja hard disk menjadi sangat terkuras.

4.Sering melakukan install ulang sistem operasi

Mungkin dampak setelah kita melakukan install ulang dapat mempengaruhi peforma komputer yang lebih prima. Namun di balik itu semua ternyata saat proses penyalinan file sistem operasi pada saat install ulang dapat mengakibatkan kerusakan pada hard disk apalagi jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang singkat.

5.Sering melakukan pembuatan partisi baru

Hal ini biasanya dilakukan apabila kita sedang menginstall atau sedang berusaha membasmi virus pada hard disk dengan melakukan pembuatan partisi ulang yang ternyata dapat mengakibatkan rusakanya hard disk yang disebabkan oleh tindakan tersebut.

Nah, semoga informasi di atas menjadi pengetahuan bagi kita semua agar nantinya kita tidak lagi ceroboh dalam menggunakan komputer atau laptop yang mengakibatkan cepatnya kerusakan pada hard disk.