5 Film Musikal Paling Keren Sepanjang Masa

5 Film Musikal Paling Keren Sepanjang Masa

5 Film Musikal Paling Keren Sepanjang Masa – Film menjadi media hiburan yang lengkap. Mulai dari visual, lagu, sampai cerita inspiratif bisa dikemas menjadi sebuah karya film. Tak sedikit juga film yang menyajikan cerita melalui musik. Dialog-dialog para tokohnya juga disampaikan melalui alunan-alunan lagu yang indah.

Baca juga : 4 Tips Untuk Menikmati Sebuah Karya Seni ala Amrazing

Film musikal adalah film yang juga banyak digemari oleh masyarakat. Nah, sejauh ini tentu saja tak terhitung sudah berapa banyak film musikal yang dirilis. Dari sekian banyak itu, ada beberapa film musikal yang tergolong paling keren sepanjang masa.

1. The Sound of Music (1965)

Film yang dibintangi oleh Julie Andrews dan Christopher Plummer ini boleh dibilang adalah film musikal yang tak lekang oleh waktu. Dirilis pada tahun 1965, The Sound of Music didapuk menjadi film terlaris sepanjang masa dan termasuk film paling populer di seluruh dunia.

Film berlatar tahun 1938 ini menceritakan tentang seorang biarawati bernama Maria yang harus menjadi pengasuh tujuh anak dari seorang pensiunan angkatan laut, Kapten Georg von Trapp. Ia berusaha mendisiplinkan ketujuh anak ini menggunakan lagu dan musik.

Semua lagu yang dinyanyikan dalam film ini sampai sekarang masih santer kita dengarkan. Bahkan album soundtrack-nya sudah seringkali diproduksi ulang dengan penambahan lagu mulai tahun 1995, 2000, 2005, 2010, dan 2015.

Satu lagu yang populer adalah Do-Re-Mi, kamu sudah pernah dengar belum?

2. Phantom of the Opera (2004)

Film musikal ini adalah remake dari pentas musikal Andrew Lloyd Webber tahun 1986 yang diadaptasi dari novel Prancis Le Fantôme de l’Opéra karya Gaston Leroux. Pentas musikal ini memang sudah seringkali dibuat versi filmnya, namun tahun 2004 adalah film yang paling mutakhir dengan sentuhan lagu dan sinematografi yang lebih modern.

Disutradarai oleh Joel Schumacher, Phantom of the Opera menceritakan tentang sosok misterius yang seringkali meneror panggung opera paling terkenal di Paris. Semua orang menyebutnya “Hantu Opera” karena ia tak pernah menampakkan diri.

Suatu hari opera kedatangan satu pementas baru bernama Cristine yang memiliki bakat akting dan menyanyi yang sangat baik. Usut punya usut, selama ini ternyata Cristine belajar menyanyi dari suara misterius yang selalu terdengar dari kamarnya. Siapa sangka suara tersebut ternyata adalah suara sosok “Hantu Opera” yang selama ini meneror panggung.

Meski seringkali hanya jadi nominasi di ajang perfilman internasional, namun lagu dari film ini sering dipentaskan di berbagai konser.

3. Les Miserables (2012)

Les Miserables juga merupakan film musikal yang berangkat dari novel legendaris Prancis tahun 1862 dengan judul yang sama karya Victor Hugo. Tak jauh beda dengan novelnya, film ini menceritakan tentang seorang tahanan penjara bernama Jean Valjean (Hugh Jackman) yang dihukum selama 19 tahun.

Setelah keluar dari penjara, ia berganti nama menjadi Monsieur Madeleine dan menjadi orang kaya di kotanya.

Suatu ketika ia bertemu seorang perempuan bernama Fantine (Anne Hathaway) yang hidupnya sangat sengsara. Tapi Fantine adalah pekerja keras sehingga membuat Madeleine trenyuh dan ia ingin membantu kehidupan Fantine.

Sayangnya, Madeleine kembali menjadi buronan polisi sehingga membuatnya harus kabur bersama anak Fantine bernama Cossete. Les Miserables berhasil menjadi pemenang Best Sound Mixing di ajang Academy Awards tahun 2013.

4. La La Land (2016)

Menjadi peraih Best Original Music Score Academy Awards 2017, La La Land memang pantas jadi film musikal terbaik. Film yang disutradarai sekaligus ditulis oleh Damien Chazelle ini menyajikan cerita sederhana lewat lagu-lagu dan iringan musik jazz yang bikin tenang.

Dibuka dengan lagu Another Day of Sun, penonton sudah dibawa ke suasana pentas musikal yang penuh semangat. Cerita kemudian berlanjut pada kisah Mia Dolan (Emma Stone) dan Sebastian Wilder (Ryan Gosling) yang sama-sama sedang berjuang meraih impian mereka.

Mia tengah memperjuangkan cita-citanya sebagai aktris. Sementara itu Sebastian adalah seorang cowok idealis yang ingin jadi pemusik jazz sukses.

Lagu-lagu yang menjadi pengantar cerita dalam La La Land sukses membawa penonton menikmati keseluruhan ceritanya. Setelah menonton film ini kamu pasti jadi suka dengerin musik jazz. Percayalah!

5. The Greatest Showman (2017)

Kalau yang satu ini masih terbilang baru dan fresh. The Greatest Showman mengangkat kisah yang terinspirasi dari kehidupan PT Barnum, pendiri sirkus terkenal di dunia, Barnum & Bailey Circus. Barnum sukses diperankan oleh Hugh Jackman. Sementara itu, film ini juga dibintangi oleh Zac Efron, Michelle Williams, Rebecca Ferguson, dan Zendaya.

Film ini langsung dibuka dengan lagu yang menggetarkan semangat berjudul The Greatest Showman. Ya, lagu-lagu yang ditampilkan sebagai pengantar cerita dalam film ini kebanyakan memuat lirik pembakar semangat dan kepercayaan diri. Di antaranya adalah This Is Me, From Now On, dan A Million Dreams.

Lagu-lagu dengan aransemen yang keren itupun membuat film ini menyabet Best Original Song pada ajang 75th Golden Globe Award.

Itu tadi 5 film musikal terbaik sepanjang masa dengan lagu-lagu yang legendaris. Kalaupun belum pernah menonton filmnya, kamu pasti pernah mendengarkan lagunya dong? Nah, selain dengan lagu yang menyentuh hati, cerita dan sinematografi dari film-film tersebut gak kalah keren. Semoga bisa jadi referensi tontonanmu di akhir pekan nanti ya!