4 Destinasi Alam yang Harus Dikunjungi di New South Wales

4 Destinasi Alam yang Harus Dikunjungi di New South Wales

4 Destinasi Alam yang Harus Dikunjungi di New South Wales – Salah satu destinasi di Australia yang banyak direkomendasikan ialah New South Wales. Kota ini sangat terkenal dengan garis pantai serta keindahan pegunungannya. Kebanyakan destinasi wisata yang ada di New South Wales berhubungan dengan alam. Keindahan dari pemandangannya dijamin akan membuatmu terpesona!

Baca juga: Tips Liburan Nyaman Meskipun Sedang Datang Bulan

Inilah rekomendasi wisata alam yang wajib kamu nikmati saat liburan di New South Wales.

1. Ikut tur melihat lumba-lumba dan ikan paus di Dolphin Watch Cruises

Salah satu tempat ikonik di New South Wales (NSW) adalah tur lumba-lumba. Dimulai dari jam 10 pagi, tur ini akan mengajakmu keliling Jervis Bay untuk melihat lumba-lumba. Kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat ikan paus humpback di sepanjang perjalanannya.

Dalam satu hari, tur ini hanya berjalan dua kali, yaitu pukul 10.00 dan 13.00 waktu setempat. Jika kamu ikut tur ini, siap-siap menggunakan baju hangat ya, karena angin laut yang kencang bisa membuatmu kedinginan. Minimal gunakanlah baju dobel tiga, baju biasa, baju hangat, dan sweater di luarnya.

Lalu, apa bedanya dengan melihat lumba-lumba di tempat lain? Dolphin Watch Cruises tidak menggunakan cara khusus untuk melihat lumba-lumba. Mereka menolak untuk memancing lumba-lumba dan paus datang dengan memberinya makanan. Semua yang dilakukan oleh tur ini murni campur tangan alam. Jadi bisa saja ketika kamu berangkat, kamu tidak bertemu sahabat laut ini.

2. Menjelajah salah satu pantai terputih di dunia di Jervis Bay Marine Park, NSW

Ada dua hal yang menarik dari Jervis Bay Marine Park. Pertama, menjelajah via jalan setapak selama sekitar sejam sambil menikmati hutan pohon gumtree. Ada banyak spot foto Instagramable yang bisa kamu ambil sepanjang jalan ini.

Kedua, keindahan salah satu pantai dengan pasir terputih di dunia. Ada dua pantai yang bisa kamu datangi di Jervis Bay Marine Park, yaitu Pantai Greenfield dan Pantai Hyams.

Keduanya sama-sama punya pasir putih yang meski basah, pasirnya tidak akan menempel di tanganmu. Pasir ini sangat mudah dibersihkan, butirannya kecil dan lembut sama seperti merica.

Jika di pantai, sejauh mata memandang, kamu akan dihibur dengan pemandangan hutan pohon gumtree, gradasi birunya air laut, susunan acak karang, serta pasir yang putih. Pemandangan menakjubkan ini sangat susah digambarkan dalam foto kamera. Bonusnya, jika air sedang surut, kamu bisa melihat biota-biota laut yang bersembunyi di antara karang. Seperti gambar yang satu ini nih.

3. Suka tantangan? Coba deh menikmati alam sambil melakukan zipline di Illawarra Fly Treetop

Zipline juga sering disebut flying fox. Permainannya dilakukan dengan cara melakukan perjalanan melintasi hutan via kabel dalam ketinggian tertentu. Illawarra Fly Treetop yang berlokasi di New South Wales ini merupakan zipline tertinggi di Australia, dengan ketinggian kurang lebih 35 meter dari tanah.

Ada tiga zipline yang akan kamu lalui, yakni sepanjang 40 meter, 100 meter, dan 60 meter. Semua kabel yang digunakan untuk zipline tersebut ditanam dalam pohon, dengan kedalaman hanya tiga sentimeter saja!

Di antara zipline, kamu juga ‘dipaksa’ berjalan dengan menapak jembatan kayu kecil di ketinggian 20-35 meter dari atas tanah. Bayangkan jika terpeleset atau salah injak, duh kamu bisa langsung jatuh. Jadi, harus lebih berhati-hati ya!

Tapi tenang saja, semua peralatan di sana sangat aman dan staf yang amat ramah saat menjelaskan cara penggunaannya. Oh iya, permainan ini juga tidak mengizinkan kamu membawa smartphone. Jika ada kamera atau GoPro yang lebih aman pegangannya, boleh kamu bawa untuk dokumentasi pribadimu.

4. Atau kalau memang tak suka yang berpetualang, kamu bisa duduk menikmati alam di Kiama Blowhole

Kiama blowhole adalah salah satu atraksi semburan air laut terbesar di Australia. Atraksi ini ditemukan pada Desember 1797 oleh George Bass, ketika dia menambatkan perahunya di pelabuhan tersebut.

Diperkirakan sekitar 900 ribu orang datang untuk melihat kekuatan air yang muncul dari goa dalam laut tersebut. Kalau kamu beruntung, kamu bisa mendengarkan suara siulan air laut tersebut.

Selain atraksi blowhole, daerah ini juga menyediakan tempat piknik dengan pemandangan laut yang indah. Namun hati-hati, angin di sini keras sekali. Pastikan bajumu hangat ya biar gak masuk angin.

Tentu saja masih banyak rekomendasi wisata alam lainnya yang bisa kamu jelajahi di sini. Coba cek www.garuda-indonesia.com/australia untuk rekomendasi lainnya ya. Mereka juga punya jadwal festival lho, lengkap dengan lokasinya. Yuk, cus terbang ke Australia!